MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KKNI MELALUI MINI ROLEPLAY PADA MATA KULIAH ENGLISH FOR TOURISM

  • Rini Fadhillah Putri Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah
  • Rizqy Fadhlina Putri Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah

Abstrak

Salah satupoin road map di bidang Ilmu Pendidikan dan Pemberdayaan Keluarga (IPPK)adalah model pembelajaran berdasarkan kurikulum KKNI Namun, berdasarkan pengamatan lapangan, hal ini tidak sesuai dengan konsep pembelajaran dalam kurikulum tersebut. Dengan demikian tujuan spesifik dari penelitian ini adalah untuk merumuskan konsep pembelajaran berdasarkan kurikulum KKNIdi Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa pada semester delapan pada program studi pendidikan bahasa Inggris tahun akademik 2019/2020, sehingga sampel diambil secara acak yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan observasi, dengan teknik analisis data menggunakan analisis faktor IBM SPSS 22 untuk Windows. Hasil penelitian yang diperoleh tahap ini, diketahui bahwa mahasiswa hanya memilih 2 kategori penilaian yaitu cukup sering dan sering dari beberapa indikator diantaranya suasana pembelajaran, metode pembelajaran dan pemberian tugas. Penerapan mini roleplay pada English for Tourismdiharapkan menjadi pembelajaran interaktif, aktif dan atraktif.

Diterbitkan
2021-01-05