MODIFIKASI KONSEP CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PERKULIAHAN ENGLISH FOR TOURISM PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH MEDAN

  • Vera Kristiana Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah
  • Ayu Melati Ningsih Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini mengkaji modifikasi konsep CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam perkuliahan English for Tourism program studi sastra Inggris Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Perkuliahan English For Tourism melibatkan latihan teori dan praktik dalam pelaksanaannya. Salah satu teori yang penting diajarkan kepada mahasiswa adalah tentang cara berkomunikasi yang baik dan tepat dalam dunia pariwisata. Mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan memahami berbagai kebudayaan yang sangat beragam di Indonesia pada khususnya dan di mancanegara pada umumnya. Pembelajaran bahasa dan budaya bukan hanya memberikan pemahaman berupa definisi melainkan mahasiswa dituntut untuk dapat menemukan pengetahuannya sendiri. Dosen harus memiliki konsep yang memacu mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan kreatif. Salah satu konsep pembelajaran yang tepat untuk mengajar matakuliah English for Tourism adalah konsep CTL (Contextual Teaching And Learning). Konsep tersebut mempermudah mahasiswa dalam memahami semua teori yang disampaikan selama perkuliahan berlangsung. CTL merupakan salah satu alternatif pembelajaran inovatif, kreatif, dan efektif. Modifikasi CTL pada perkuliahan English for Tourism dapat membuat perkuliahan lebih kreatif, dan menuntut mahasiswa untuk lebih berpikir kritis. Artinya mereka dipacu untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari dalam dunia pariwisata.

Diterbitkan
2021-01-07