ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI DENGAN STRATEGI PAPAARINGEPENG PADA MATA KULIAH PUISI MAHASISWA FKIP JURUSAN PBS PRODI PBSI UMN AL WASHLIYAH

  • Tiflatul Husna Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dani Sukma Agus Setiawan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dinda Redno Tryandari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Proses kegiatan belajar membaca puisi sering membingungkan, untuk itulah perlu sebuah strategi dalam mempelajarinya. Papaaringepeng adalah salah satu strategi yang dibuat untuk membantu memudahkan peserta didik melakukan pembacaan puisi. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FKIP Jurusan PBS Prodi PBSI Semester 5 UMN Al Washliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran membaca puisi dengan strategi Papaaringepeng lebih memudahkan dalam pencapaian indikator penilaian baca puisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa siswa, guru dan kepala sekolah, serta civitas akademika dan semua pihak agar dapat menggunakan strategi Papaaringepeng secara efisien dan efektif guna mencapai tujuan pembelajaran.

Diterbitkan
2021-01-20