OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI MELALUI PENDEKATAN VARIASI PEMBELAJARAN
Abstrak
Lokasi Penelitian berada di SMK Reis Cendikia Percut Sei Tuan. Waktu penelitan ini akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 pada bulan Agustus 2018. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu kelas XI TKJ SMK Reis Cendikia yang berjumlah 31 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing dengan menggunakan punggung kaki dalam permainan sepak bola. Berdasarkan data hasil tes awal passing dengan menggunakan punggung kaki dalam permainan sepakbola di atas dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing dengan menggunakan punggung kaki dalam permainan sepakbola masih rendah. Dari 31 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 13 orang siswa (41,93%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 18 orang siswa (58,07%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 76,29.
Berdasarkan data siklus I di atas dapat di lihat bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing dengan menggunakan punggung kaki dalam permainan sepakbola ternyata telah mulai meningkat. Dari 31 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata telah ada 27 orang siswa (87,10%) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (12,90%) masih belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I ini mencapai 78,49. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan menggunakan punggung kaki dalam permainan sepakbola pada siswa Kelas XI TKJ SMK Reis Cendikia Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.