PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK YANG DI AJAR DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN POWER POINT
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi antara siswa yang diajar dengan menggunakan media belajar macromedia flash dan yang diajar dengan menggunakan media power point. penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pembelajaran dengan mengggunakan media macromedia flash dan media power point, sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al-Washliyah 4 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK dengan mengambil dua kelas yaitu XII -3 dan XII-4 secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Angket yang digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu:terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media macro media flash dan yang diajar dengan menggunakan media power point. Oleh karena itu, disarankan media macromedia flash untuk diterapkan di kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.