EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK

  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurmairina Nurmairina Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektivitasan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SDIT Nurul‘Ilmi kota Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Nurul‘Ilmi kota Medan. Data hasil belajar pembelajaran tematik dikumpulkan dengan tes dan aktivitas guru serta siswa melalui lembar observasisiswa kelas IV SDIT Nurul ‘Ilmi. Berdasarkan data yang diperoleh,. peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai persentase 81,81%dan pada siklus II diperoleh nilai persentase 90,90%. Dari data ini menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 9,09%. Dan peningkatan hasil pembelajaran tematik siswa pada siklus I ketuntasan klasikal 36% dan Siklus II ketuntasan Klasikal 87,5%. Peningkatan dari siklus I dan siklus II adalah 51,5%. Berdasarkan data ketuntasan klasikal siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan hasil Pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu sebanyak 51,5% ini berarti model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam peningkatan hasil pembelajaran tematik siswa

Diterbitkan
2021-01-20