PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAYURAN ORGANIK DI KOTA MEDAN

  • Nomi Noviani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sugiar Sugiar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat akhir-akhir ini mulai meningkat. Pola makan tinggi lemak, tinggi kalori dan rendah serat mulai ditinggalkan. Pasar modern yang menjual pangan organik mulai diserbu pembeli. Gejala positif yang perlu digalakkan lebih luas, karena hanya sebagian kecil saja masyarakat yang sadar akan pola makan sehat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui permintaan konsumen, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap sayur anorganik di kota Medan. Untuk mengetahui frekuensi responden dalam mengkonsumsi sayuran organik di daerah penelitian, digunakan analisis deskriptif dengan cara mentabulasi data primer konsumsi konsumen sayuran organik darI 100 responden di daerah penelitian. Alat analisis selanjutnya yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis skala likert Analisis ini digunakan untuk mengetahui faktor- faktor konsumen terhadap niat beli sayuran organik di kota Medan. Permintaan sayuran organik di kelurahan gedung Johor kota Medan setiap hari mengalami peningkatan karena banyak konsumen yang sudah mulai beralih mengkonsumsi produk- produk organik atau tanpa pengawet, begitu juga sayuran konsumen lebih memilih mengkonsumsi sayuran organik karena untuk jangka panjang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Diterbitkan
2021-01-20