PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI TINGKAT SD SWASTA ADETIA TEMBUNG
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif antara tipe Two Stay Two Stray dan tipe Student Team Achievement Division di kelas VII SMP Swasta Adetia Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Adetia Tembungtahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampelnya adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 25 siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 25 siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan soal essay sebanyak 4 soal. Validitas denganrtabel= 0,444 diperoleh bahwa soal tersebut valid sebanyak 4 soal. Dan hasil uji reliabilitas pada soal yang diberikan diperoleh r11 = 0,9871 dinyatakan memiliki interpretasi tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Hal ini dibuktikan secara statistik dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ????ℎ???????????????????? = 2,30 dan ???????????????????????? = 2,013 berarti ????ℎ????????????????????>???????????????????????? yaitu 2,30 > 2,013 yang menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima