SYNCHRONOUS E-LEARNING DI ERA NEW NORMAL DALAM MEMAHAMAN KONSEP HIMLOG
Abstrak
Perkuliahan yang dilaksanakan secara tatap muka sejak adanya pandemi COVID-19 berubah menjadi perkuliahan online. Synchronous E-Learning merupakan alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa pendidikan matematika yang berhubungan dengan angka serta rumus terkait konsep pada semua mata kuliah salah satunya HimLog. HimLog merupakan mata kuliah dasar yang harus dikuasai mahasiswa sebagai dasar dari menguasai konsep matematika yang berkaitan dengan geometri transformasi, struktur aljabar dan matematika diskrit. Mata kuliah ini adalah kunci dasar pemahaman konsep yang wajib dimiliki mahasiswa pendidikan matematika agar dapat mendukung konsep materi matematika lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan synchronous e-learning dalam memahami konsep HimLog. Hasil penelitian menunjukkan 96% mahasiswa menganggap synchronous e-learning dapat dijadikan alternative pembelajaran menggantikan pembelajaran tatap muka baik pada bagian virtual class maupun video conferenced serta 75% mahasiswa dapat memahami konsep HimLog melalui synchronous e-learning.