KESALAHAN PELAFALAN PADA LATIHAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA

  • Horia Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sari Wulandari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis jenis kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam melafalkan kosa kata dalam percakapan bahasa inggris dan penelitian ini juga ingin mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam melakukan kesalahan pelafalan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah 20 mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nunsantara Al Washliyah Medan. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam melafalkan kosa kata dalam percakapan bahasa Inggris dan kesalahan umum yang mereka lakukan dalam melafalakan bahasa Inggris. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik tes, dan data yang diperoleh dilakukan dengan cara merekam bunyi pelafalan dan hasil interview dengan para mahasiswa. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam: a) melafalkan kata-kata yang mengandung huruf yang tidak berbunyi (silent letter); b) melafalkan huruf konsonan letup. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa merasa kesulitan dalam melafalkan kosa kata bahasa Inggris adalah karena: a) perbedaan system bunyi bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia; b) gangguan dialek para siswa yang kebanyakan dari daerah; c) adanya silent letter dalam bahasa Inggris yang tidak dikuasai oleh mahasiswa; d) banyaknya bunyi dalam bahasa inggris yang tidak konsisten pelafalannya. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan kepada setiap pengajar agar lebih meningkatkan lagi metode pengajarannya dan mahasiswa lebih memperhatikan lagi pada kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris.

Diterbitkan
2021-06-19