PERBEDAAN SELF EFFICACY DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA DAN MAHASISWA BELUM BEKERJA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan self efficacy dalam belajar pada mahasiswa yang sudah bekerja dan belum bekerja melalui model pembelajaran diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan cara membagikan angket kepada mahasiswa dan melihat hasil tes pembelajaran selama dikelas baik mengunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang psikologi pendidikan. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini mahasiswa PG PAUD UMN Al Washliyah yang berjumlah 40 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan membuktikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dari hasil observasi dan angket penelitian, maka dari makna itulah ditarik kesimpulan, dan pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tringulasih data yaitu membandingkan data dari hasil pengamatan langsung dengan data hasil observasi dan penyebaran angket penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tidak terdapat perbedaan self efficacy mahasiswa belum bekerja dengan mahasiswa bekerja setelah diterapkannya model pembelajaran diskusi kelompok terlihat dari sig. > 0,005 yaitu 0,567, berdasarkan hasil ini maka hipotesis yang diajukan dinyatakan ditolak. Dan hasil penelitian ini dijadikan sebagai luaran dalam hasil penelitian dalam bentuk prosiding dalam seminar hasil penelitian.