PENERAPAN COMPUTER ASSISTED LANGUAGE LEARNING (CALL) DENGAN BANTUAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN SPEAKING ABILITY MAHASISWA DI UMN AL WASHLIYAH MEDAN

  • Nurlaili Nurlaili Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurmairina Nurmairina Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Computer Assistes Language Learning (CALL) dengan bantuan menggunakan media video dalam speaking ability. (2) Untuk mengetahui peningkatan Speaking Ability (kemampuan berbicara) dengan menerapkan Computer Assistes Language Learning (CALL) dengan bantuan video. Penelitian ini dilakukan setelah melakukan observasi lebih awal dan menemukan bahwa kurangnya kemampuan mahasiswa dalam Speaking ability (kemampuan berbicara) bahasa inggris pada bidang English for job hunting (pencarian pekerjaan). Penelitian ini dilakukan di dalam kelas pada saat mata kuliah English for job hunting (pencarian pekerjaan) berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Penlitian Tindakan Kelas (PTK) dimana melakukan dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari empat langkah. Adapun keempat langkah tersebut adalah, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VII kelas O FKIP Program Pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 14 orang. Data dianalisis secara deskriptif dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan proses pembelajaran penerapan Computer Assisted Language Learning (CALL) dengan bantuan menggunakan video sangat bagus untuk proses pembelajaran dimana mahasiswa menjadi aktif dan termotivasi dan bahkan menyenangkan dalam mempraktekkan kemampuan bahasa inggris mereka pada bidang English for job hunting (pencarian pekerjaan). Dan juga nilai dari Speaking ability (kemampuan berbicara) mahasiswa pada bidang English for job hunting ini mengalami peningkatan. Dimana yang nilai awal sebelum ada tindakan hanya 68%, kemudian dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 75. 35%, setelah tindakan pada siklus I dilakukan maka lanjut pada tindakan pada siklus II meningkat menjadi 80.71%. Dengan ketuntasan nilai tersebut bahwa tanggapan mahasiswa pada penerapan metode CALL dengan bantuan menggunakan video ini dikatakan positif.

Diterbitkan
2021-06-20