PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS DONGENG KEARIFAN LOKAL DI MTSS ROBITUL ISTIQOMAH HURISTAK

  • Ahmad Laut Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Rosmawati Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Eka Nur Estetis Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib di MTs mempunyai implikasi bahwa mata poelajaran tersebut merupakan mata pelajaran penentu di MTs. Namun, keberadaan mata pelajaran ini belum diikuti kemampuan yang memdai oleh siswa MTs. Hasil penelitian menemukan bahwa siswa MTs sulit dalam menyimak khususnya dalam menyimak pidato ketika harus menyimpulkan isinya.Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis dongeng di MTs dongeng kearifan lokal di MTs Swasta Robitul Istiqomah Huristak, mengetahui validasi bahan ajar bahasa Indonesia berbasis dongeng kearifan lokal di MTs Swasta Robitul Istiqomah Huristak, dan melihat efektifitas bahan ajar berbasis dongeng kearifan lokal di MTs Swasta Robitul Istiqomah Huristak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode Penelitian adalah Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah adaptasi dari model Research And Development (R&D). Metode penelitian Research and Development yang selanjutnya disingkat menjadi adalah penelitian yang digunakan Untuk dapat menghasilkan produk tertentu dan untuk mengkaji keefektifan produk tersebut.

Diterbitkan
2021-06-20