PERILAKU KONSUMTIF DALAM PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA TATANAN HIDUP NEW NORMAL

  • Sari Wulandari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Muhammad Dani Habra Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ayu Melati Ningsih Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumtif dalam penggunaan e-commerce. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 Dosen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan SPSS versi 22.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil uji Koefisien Korelasi diperoleh nilai rxy sebesar 0,797 berarti perilaku konsumtif berpengaruh positif dan kuat terhadap pengguna e-commerce. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 17,424 + 0,596X + e, maka perilaku Konsumtif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel penggunaan e-commerce. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,635atau 63,5% yang berarti bahwa variabel perilaku konsumtif berpengaruh terhadap penggunaan e-commerce. Dari hasil uji t (parsial) yang diperoleh nilai thitung 7,913 > ttabel 2,028, dengan demikian Ha diterima karena thitung > ttabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perilaku Konsumtif secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce di masa new normal.

Diterbitkan
2021-06-21