VALIDASI PRODUK BUKU JOB HUNTING MAHASISWA BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH
Abstrak
Kurikulum KKNI adalah kurikulum yang digunakan saat ini untuk jenjang pendidikan tinggi. Kurikulum ini menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan sector pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja. KKNI juga merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia dalam sistem pendidikan pelatihan serta sistem pengakuan kompetensi kerja secara nasional. Namun hal tersebut tidak sesuai dengan harapan, hasil wawancara diketahui bahwa mahasiwa tidak memahami komponen inti dalam pembelajaran, bahkan dalam melaksanakan KKNI mahasiswa tidak mampu mengembangkan potensi diri saat proses pembelajaran berlangsung khususnya pada mata kuliah English for Job Hunting. Hal ini disebabkan oleh materi dan metode pembelajaran yang kurang updated. Populasi Penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VIII Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Ajaran 2020/2021 FKIP UMN Al Washliyah, sehingga sampel diambil secara random purposive (sesuai dengan kebutuhan), sampel penelitian berjumlah 30 mahasiswa. Penelitian bersifat Research and Developmnet dengan model ADDIE. Hasil yang diketahui bahwa produk dinyatakan valid tanpa revisi, baik dari aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan berada pada nilai rata-rata lebih besar dari 2,75. Tahapan ini menyatakan bahwa produk layak melalui tahapan berikutnya yaitu tahapan implementation and evaluation, sehingga dapat diketahui keberhasilan produk diruang kelas.