PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS DONGENG KEARIFAN LOKAL DI MTS ROBITUL ISTIQOMAH HURISTAK

  • Ahmad Laut Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Rosmawati Harahap Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Eka Nur Estetis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib di MTs mempunyai implikasi bahwa mata poelajaran tersebut merupakan mata pelajaran penentu di MTs. Namun, keberadaan mata pelajaran ini belum diikuti kemampuan yang memdai oleh siswa MTs. Hasil penelitian menemukan bahwa siswa MTs sulit dalam menyimak khususnya dalam menyimak pidato ketika harus menyimpulkan isinya.Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis dongeng kearifan lokal di MTs Swasta Robitul Istiqomah Huristak, mengetahui validasi bahan ajar bahasa Indonesia berbasis dongeng kearifan lokal di MTs Swasta Robitul Istiqomah Huristak, dan melihat efektifitas bahan ajar berbasis dongeng kearifan lokal di MTs Swasta Robitul Istiqomah Huristak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan disain penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model Research And Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahswa bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar Bahasa Indonesia bebasis dongeng kearifan lokal telah memenuhui kreteria yang ditetapkan. Demikian juga halnya dengan validasi bahan ajar Bahasa Indonesia telah memenhui syarat dan mempunyai keefektifan.

Diterbitkan
2021-08-25