KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA DARING SEMASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK DR CIPTO MANGUNKUSUMO PERDAGANGAN SIMALUNGUN

  • Sutarini Sutarini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Wariyati Wariyati Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Media Pembelajaran Daring, Covid-19, Bahasa Indonesia

Abstract

Menurut data zonasi risiko, kabupaten Simalungun masuk dalam zona oranye dengan risiko sedang. Hal ini menyebabkan seluruh lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Simalungun dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Pembelajaran daring (online) merupakan salah satu solusi pembelajaran di masa pandemic covid-19. Pembelajaran daring di SMK DR. Cipto Mangunkusumo dilakukan dengan menggunakan media daring whatsapp group, google classroom, dan messenger, dan materi yang diberikan dalam bentuk poweroint, video singkat, dan bahan bacaan. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keefektifan media daring yang digunakan selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK DR Cipto Mangunkusumo Perdagangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Media yang digunakan dalam pembelajaran daring di SMK Dr. Cipto Mangunkusumo dinilai sangat efektif oleh 11 siswa (31%), efektif (9 siswa atau 26%), kurang efektif (10 siswa atau 29%), tidak efektif (5 siswa atau 14%). Untuk memaksimalkan tingkat keefektifan pembelajaran yang dilakukan secara daring, maka perlu juga dilakukan platform digital yang lebih luas, misalnya seperti youtube, instagram, zoom, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan agar siswa lebih tertarik dengan bebagai penggunaan platform digital dalam hal positif.

Published
2021-08-25