PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PEMAHAMAN MATERI TATA BAHASA BAHASA INGGRIS SISWA DI ERA NEW NORMAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UMN AL-WASHLIYAH MEDAN

  • Teguh Satria Amin Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Zulfitri Zulfitri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap pemahaman materi Tata Bahasa Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al-Washliyah pada era new normal (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris pada materi Tata Bahasa Bahasa Inggris antara menggunakan video pembelajaran dengan ceramah pada era new normal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian adalah kuasi eksperimen. Di dalam penelitian kuasi eksperimen desain, ada terdapat dua kelompok yang menjadi kelompok penelitian, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok Kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester 7 dan disana ada tiga kelas semester 7. Dua kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sehingga setiap kelas terdapat 22 mahasiswa berada di kelompok eksperimen yaitu kelas 7A dan 22 mahasiswa di kelompok Kontrol yaitu kelas 7H. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisa menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil uji paired sample T test, diman output pair 1 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0.05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test eksperimen. Berdasarkan output pair 2 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa untuk pre-test kelas Kontrol dengan post-test Kontrol. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dilakukan (pre-test) video pembelajaran dan setelah (post-test) video pembelajaran terhadap pemahaman materi Tata Bahasa Bahasa Inggris pada mahasiswa pada era new normal. Berdasarkan hasil uji Independent T test diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa antara menggunakan video pembelajaran dengan ceramah pada era new normal. Berdasarkan nilai rata-rata hasil tes mahasiswa bahwa kelas eksperimen sebesar 87,55 dan kelas kontrol sebesar 79,55 terdapat selisih 8. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan video pembelajaran lebih baik terhadap pamahaman materi Tata Bahasa Bahasa Inggris mahasiswa pada masa new normal.

Diterbitkan
2021-09-30