FRIKSI MINAT BELAJAR MAHASISWA PGPAUD SEBAGAI AKIBAT DARI PERKULIAHAN DARING DI MASA PANDEMI COVID -19 DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui friksi minat belajar mahasiswa sebagai dampak perkuliahan daring di era revolusi industri 4.0. sebagai dampak anttispasi tenaga pengajar untuk memberikan pengajaran yang dapat mambangkitkan minat mahasiswa di era pembelajaran daring untuk mempertahankan prestasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Berangkat dari permasalahan yang ada, penelitian ini akan mencoba menganalisis friksi minat belajar mahasiswa sebagai dampak Covid-19, maka penelitian ini berawal dari wawancara. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan questioner (angket)., yang bertujuan untuk mengumpulkan data mahasiswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan PGPAUD UMN Al Washliyah sebanyak 35 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data memberikan angket kepada mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu test minat belajar. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap pertama adalah mengumpulkan data dari observasi, wawancara dan test, tahap kedua yaitu mengklasifikasikan data dan tahap ketiga adalah menganalisis data yang ada dan juga menyimpulkan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian deskriptif kuantitatif ini adalah dengan menggunakan uji paired sample t test. Sumber data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi 2 sumber yaitu: data sebelum dan data sesudah belajar daring. Diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelompok data sebelum dan sesudah perkuliahan daring . Artinya ada pengaruh pemberian perkuliahan daring dalam mengurangi minat belajar yang dialami mahasiswa di masa pandemi Covid-19.