DESAIN ANALISIS PENGETAHUAN PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstrak
Mengajar disekolah maupun diperguruan tinggi merupakan usaha nyata dalam menyebarluaskan pengetahuan hasil dari proses berfikir yang dilakukan selama melaksanakan proses pembelajaran. Karenanya, sangat ditekankan bagi peserta didik dari mulai masuk kelas hingga keluar kelas melalui informasi yang diterima. Hal inilah yang akan berdampak pada pencapaian pengetahuan baik pengetahuan fakta, konsep, prosedural maupun metakognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan disain penilaian proses kognitif dan pengetahuan menggunakan tabel taksonomi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan mendisain penilaian proses berfikir dan pengetahuan dengan tahapan dari model Dick dan Carey dalam Pramita, dkk. (2016) yang terdiri dari: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melaksanakan analisis pembelajaran, (3) mendesain penilaian penilaian pengetahuan beberapa tahapan tambahan yaitu menyusun dan mengevaluasi RPS. Disain penilaian pengetahuan dibangun dalam bentuk tabel yang memiliki empat (4) kolom induk dan sebelas (11) kolom rincian. Empat (4) kolom induk terdiri dari kolom nomor dengan inisial A, kolom kompetensi yang diharapkan dengan inisial B, kolom pengetahuan dengan inisial E. Disain penilaian pengetahuan digunakan untuk menilai pengetahuan, menilai pengetahuan didasarkan pada kompetensi yang diharapkan pada perangkat pembelajaran.