MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajarĀ siswa menggunakan model TAI di kelas IV SD Swasta Pembangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SD Swasta Pembangunan terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model TAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yaitu observasi dengan daftar checklist dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV tersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan siswa sebesar 25% mengalami peningkatan 33,3% pada siklus I menjadi 58,3% pada siklus II meningkat 25% menjadi 83,3%. Capaian rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 65,2 meningkat sebanyak 16,1% dengan capaian rata-rata 81,3 pada siklus II. Dan capaian aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata capaian 70% meningkat sebanyak 21% pada siklus II dengan rata-rata capaian 91%.