MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN ETHNOMATEMATICS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivas belajar siswa melalui penerapan ethnomatematiks dalam pembelajaran matematika realistik siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di dalam kelas, atau penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model Kemmis & Taggart dengan menerapkan 2 Siklus yaitu Siklus 1 dan Siklus 2. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IX MTs Nurul Hakim, sampel pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang terdiri dari 20 siswa. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar matematika. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan kriteria ketuntasan maksimal. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 1) rata-rata skor angket motivasi belajar siswa siklus I sebesar 85,3 kategori baik persentase 71,08% kategori cukup dan siklus II sebesar 100,9 kategori sangat baik persentase sebesar 84,04% kategori baik. 2) Tingkat keberhasilan pengelolaan pembelajaran pertemuan 1 sebesar 79,86% dan pertemuan 86,81% dan rata-rata pengelolaan pembelajaran siklus I sebesar 83,34% kategori baik. Tingkat keberhasilan pengelolaan pembelajaran pertemuan 1 sebesar 86,81% dan pertemuan 2 sebesar 88,89% dan rata-rata pengelolaan pembelajaran siklus II sebesar 87,85% kategori baik.