TINDAK TUTUR ASERTIF DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA KULIAH PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA
Abstrak
Latar belakang penelitian tentang deskripsi jenis tutur asertif dalam pembelajaran pada Mata Kuliah Pemerolehan Bahasa Kedua secara daring. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fenomena PBM secara daring dalam perkuliahan “Pemerolehan Berbahasa Kedua dilakukan Dosen Dra. Rosmawati Harahap, M.Pd., Ph.D. pada Program Studi Pendidikan bahasa Indonesia PPS-UMN Al-Washliyah? Tujuan penelitiannya ingin mendeskripsikan fenomena PBM secara daring melalui perkuliahan “Pemerolehan Berbahasa Kedua”. Pengumpulan datanya ber_netnografi melalui metode penelitiannya kualitatif deskriptif. Metode deskriptif kualitatif ada yang bersifat netnografi dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam perkuliahan Pemerolehan Bahasa Kedua ber-PBM yang disampaikan oleh Dra. Rosmawati Harahap, M.Pd., Ph.D. dominan dilaksanakan dengan ciri tugas media interaktif (latihan) dan berciri obrolan yang tersedia di portal akademiknya dan dibantu oleh media fitur obrolan Whatsapp. Dosen Dra.Rosmawati Harahap, M.Pd., Ph.D. cenderung memeriksa hasil upload tugasnya dari masing-masing Mahasiswa yang tertera di format kehadiran. Mahasiswa yang kuliah Pemerolehan Bahasa Kedua memunculkan jawaban tugas-tugas yang diinstruksikan di portal akademik adalah bentuk tindak tutur asertif. Setiap hari terdapat tugas yang didokumenkan dalam fitur tugas. Mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya dalam durasi rata-rata 20 jam (waktu akhir meng-upload tugas-tugas kuliahnya pada pukul 24.00 WIB setiap masa PBM secara daring. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Dra. Rosmawati Harahap, M.Pd., Ph.D. sebagai Dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia PPS UMN Al Washliyah adalah pengguna intensif media portal akademik yang menggunakan fitur tugas dengan teks yang berisi kalimat berita, perintah sehingga teks hasil tugas mahasiswa tersebut adalah berbentuk teks tindak tutur asertif.