KAJIAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH CROSS CULTURE UNDERSTANDING BERBASIS MULTIMEDIA
Abstrak
Penelitian ini mengkaji nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran mata kuliah Cross Culture Understanding berbasis multimedia. Cross culture understanding merupakan sebuah mata kuliah yang diajarkan dalam prodi Sastra Inggris, yang mana pada mata kuliah Cross Culture Understanding tersebut mahasiswa mempelajari sebuah pemahaman yaitu pemahaman mengenai perbedaan budaya dan bagaimana cara menghargai perbedaan yang terjadi di kehidupan mereka. Mata kuliah ini berhubungan dengan penguasaan pengetahuan kearifan lokal terutama nilai-nilai yang terkandung di dalamnya baik nilai sosial, ekonomi, maupun nilai edukatif suatu budaya. Pada masa revolusi industri 4.0 dan juga masa new normal pandemi covid-19 sekarang ini, semua pembelajaran masih dianjurkan untuk tidak bertatap muka langsung sebagai upaya pencegahan penularan covid-19. Media pembelajaran yang variatif sangat dibutuhkan dalam penyampaian materi, terutama dalam hal ini adalah materi tentang budaya dan kearifan lokal yang akan lebih menarik jika menggunakan beberapa media dalam penyajiannya. Multimedia dan teknologi sangat berperan dalam mengubah cara mengajar dan belajar sehingga menjadi lebih inovatif dan multimedia itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa media seperti: teks, grafik, audio atau suara, dan video yang berada dalam satu model perangkat lunak untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu materi pembelajaran. Multimedia dalam proses belajar mengajar bertujuan membantu dosen dalam menjelaskan materi yang sulit dipahami oleh mahasiswa. Pemanfaatan teknologi multimedia dapat membangkitkan motivasi belajar mahasiswa serta menjadikan pembelajaran lebih menarik meski dilaksanakan secara daring.