ASESMEN LITERASI DIGITAL BERBASIS ISLAMI DENGAN PROJECT-BASED LEARNING BAGI GURU MTS.s LAB IKIP AL WASHLIYAH
Abstract
Implementasi project-based learning sangat tepat digunakan oleh guru untuk mencapai kemampuan guru dalam melakukan asesmen literasi digital. Guru MTS.s LAB IKIP Al Washliyah Kecamtaan Medan Amplas adalah mitra kegiatan PKMS ini. Kegiatan ini membawa perubahan yang signifikan karena guru dibimbing, dilatih, dan didampingi oleh tim pengabdi melalui metode pelaksanaan yang tersturktur, yaitu; pendahuluan, sosialiasasi, pelatihan implementasi Project-based Learning dengan nilai keislaman, demonstrasi penggunaan assessment digital seperti; google from dan vocarro, small group discussion, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru peserta sudah memiliki pengetahuan baru tentang PBL assesmen literasi digital, dengan menyatakan setuju sebanyak 53,3% (8 peserta) dan menyatakan sangat setuju sebesar 46,7% (7 peserta). Kemudian, guru juga memiliki pemahaman tentang implementasi assessment of learning, dan assessment for learning yang sangat cocok diimplementasikan di era new normal dimana 60% (9 peserta) menyatakan sangat setuju, dan 40% (6 peserta menyatakan) setuju. Kegiatan ini sangat relevan dengan kondisi new normal dimana guru diharapkan menggunakan aplikasi digital untuk menilai siswa dengan fokus terhadap proses pembuatan proyek, dimana siswa dapat mengaitkan proyek tersebut dengan nilai keislaman yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits.