SOSIALISASI TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) UNTUK MENINGKATKAN MUTU BELAJAR SISWA BAGI GURU

  • Khairani sakdiah
  • Muhammad Zulkifli Hasibuan
Keywords: Total quality manajemen, peningkatan mutu, sekolah, siswa

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu media untuk menjembatani dunia pendidikan dengan masayarakat, dimana perguruan tinggi dihadapkan pada masalah bagaimana agar warga masyarakat mampu menghadapi tantangan lebih jauh ke depan di era globalisasi. Pada Pengabdian masyarakat kali ini pengabdia menawarkan untuk memberikan solusi yang di rasa begitu sangat di butuhkan oleh para guru di SMP Negeri 1 Batang kuis di dalam hal pelayanan kepada para peserta didik. Hal ini mengapa di rasakan perlu dalam sekolah karena utuk terlaksananya prosess pembelajaran yang efektif dan efesien seharusnya satuan pendidikan melakukan perencanaan, pelaksanaan penilaian proses pembelajaran, dan pengawasan yang baik. Perencanaan peningkatan mutu tersebut  di SMP Negeri I Batang Kuis telah dibuat secara rutin dan konsisten yang harus di dukung oleh dokumen kurikulum, silabus untuk setiap mata pelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku teks pelajaran, pedoman penilaian, dan alat/ media pembelajaran. Salah satu tantangan penting yang dihadapi sekolah adalah bagaimana mengelolah sebuah mutu. Dalam pengabdian ini memperkenalkan kepada para pembaca tentang Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management {TQM}) dan relevansinya dengan pendidikan. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan tenaga manajer pendidikan professional yang sangat menguasai isu-isu TQM dan teknik-teknik manajemen mutunya, serta menjadikan dalam proses pembelajaran lebih berinovasi lagi karena di dalamnya terdapat indikator yaitu : Fokus kepada pelanggan, perbaikan total, dan berkesinambungan. Jadi dengan adanya unsur ke tiga indikator tersebut dalam TQM akan menjadikan lagi suatu instansi lebih bagus manajemennya dan hasil siswa yang di hasilkan.

Published
2019-02-01