PELATIHAN PEMBUATAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Sekolah Menengah Pertama Yayasan Swasta AL-Razi Sinar Harapan berada di jalan Eka Rasmi, Melinjo I No 19 Komplek Johor Permai Medan, sekolah ini merupakan sekolah berbasis islami, ada beberapa masalah yang dihadapi sekolah tersebut, yaitu kurangnya pemahaman siswa dan siswi tentang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta kurangnya motivasi yang tinggi untuk belajar berprestasi, permasalahan ini berdampak karena proses pembelajaran yang di lakukan disekolah masih dengan cara konvesional siswa hanya di tuntut untuk kognitifnya saja selain itu maka faktor motivasi juga mempengaruhi proses pembelajaran maka dari itu solusi dari permasalahan diatas dengan cara memperbaharui lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran problem based learning karena selama ini lembar keja siswa yang dibuat oleh guru hanya bersifat sebatas penilaian kognitif tidak ada praktikum yang dapat meningkatkan kemampuan masalah para siswa sehingga mempengaruhi situasi proses pembelajaran serta peningkatan prestasi belajar akan meningkat, dalam penggunaan LKS ini motivasi dalam belajar dapat ditumbuhkan serta hasrat dan keinginan untuk belajar lebih bermakna dan menyenangkan. Proses pembelajaran yang telah dipersiapkan guru diharapkan dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu tujuan pembelajaran itu adalah adanya perubahan tingkah laku yang berupa sikap ilmiah siswa dan peningkatan prestasi belajar. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan desember sampai maret, di sekolah ini perlunya pelatihan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan. upaya yang ingin dicapai untuk menyelesaikan permasalahan mitra ini adalah penulis ingin memberikan judul dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat pelatihan pembuatan LKS pembelajaran berbasis model pembelajaran problem based learning.