SOSIALISASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DALAM MENINGKATKAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

  • Hizmi Wardani
  • Novita Friska

Abstract

SD Al Washliyah 2 Proyek UNIVA Medan merupakan sekolah berbasis islam, sekolah ini berada di jalan Sisingamangaraja KM 5,5 Medan. Tujuan dilakukan pengabdian masyarakat untuk mensosialisasikan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan dan pembentukan karakter siswa, terkait masalah yang dihadapi sekolah yaitu kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika, IPA, Biologi, kurangnya motivasi siswa yang tinggi dalam proses belajar mengajar dikelas, kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran yang dapat meningkatkan dan membentuk karakter siswa. Peserta sosialisasi adalah guru-guru di SD Al Washliyah 2 Proyek UNIVA, instrumen mengukur berhasilan kegiatan sosialisasi yaitu wawancara dan pengamatan. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan, sosialisasi, diskusi dan evaluasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan sosialisai pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) dalam meningkatkan dan pembentukan karakter siswa berhasil, dimana guru- guru mengetahui perbedaan metode, strategi, pendekatan, teknik mengajar, mengetahui kesulitan belajar siswa, mengetahui faktor-faktor penyebab  kesulitan belajar siswa, mengetahui kesalahan guru dalam mengajar siswa, mengetahui tujuan belajar siswa, yang paling utama mengetahui pendekatan pembelajaran menggunakan CTL yang meliputi komponen-komponen dalam CTL, mengetahui bentuk RPP dengan menggunakan CTL dan perbedaan bentuk RPP dengan menggunakan CTL dan konvensional, mengetahui bentuk LAS

Published
2018-04-12