SOSIALISASI MEDIA APPSGEYSER UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI DI SMK AL WASHLIYAH 4 MEDAN

  • Putri Juwita Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Appsgeyser, Media, Pembelajaran

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran di sekolah.walaupun pada saat ini masa pandemik tetapi tidak menurunkan semangat untuk belajar. Maka media pembelajaran berperan sebagai alat perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti proses belajar-mengajar. Hal tersebut juga berpengaruh pada sekolah yang menjadi mitra. Maka penggunaan media pembelajaran Appsgeyser dapat menjadi salah satu upaya kreatif dan sistematis untuk menciptakan pengalaman yang dapat membantu proses belajar siswa. Tujuan pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah (1) membentuk kelompok kerja guru, (2) melatih guru menggunakan TIK, (3) melatih kreativitas guru dan (4) melatih dan membimbing guru menggunakan aplikasi Appsgeyser sebagai media pembelajaran. Target luaran guru dapat membuat media pembelajaran Appsgeyser sendiri dan buku panduan penggunaan aplikasi sehingga proses KBM menjadi menyenangkan dan mudah pahami oleh siswa. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini meliputi empat tahapan, yaitu: (1) pendahuluan, (2) sosialisasi dan audensi, (3) pelatihan dan (4) evaluasi. Mitra pengabdian PKM ini adalah SMK Alwashliyah 4 Medan.

Published
2021-06-03