PKM PELATIHAN PENGENALAN ISTILAH – ISTILAH BAHASA INGGRIS PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN GAMES EDUKASI DAN PENGENALAN MEDIA IDEABOARDZ PADA GURU – GURU

  • Wariyati Wariyati Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sujarwo Sujarwo Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ade Imas Nurwulandari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Media Pembelajaran, Games Edukasi, Antusiasme Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan Sekolah, tim pengabdian merumuskan beberapa solusi terkait pembelajaran daring dan kendala – kendala yang dimiliki. Beberapa kendala tersebut meliputi, kurang aktifnya siswa dalam berinteraksi salama proses pembelajaran dan menurunnya antusiasme belajar siswa. Disamping itu merujuk kepada visi misi Sekolah yang mengedepankan pencapaian kemampuan peserta didik yang Islami namun juga melek informasi ataupun tekhnologi, maka untuk membantu mewujudkan visi dan misi Sekolah sekaligus menjadi solusi permasalahan yang dihadapi maka dalam hal ini tim pengabdian menawarkan beberapa solusi antara lain: pelatihan pengenalan istilah – istilah Berbahasa Inggris pada pembelajaran IPA dengan menerapkan games edukasi dan pengenalan media belajar daring Ideaboardz. Pembelajaran istilah berbahasa Inggris pada M.P. IPA untuk memenuhi tuntutan pengembangan dan akselerasi pengetahuan dan teknologi, sementara program implementasi games dan media ideaboardz yang dimiliki manfaat untuk mengundang kembali antusiasme dan kekatifan siswa yang berangsur hilang. Adapun metode PKMS yang akan digunakan meliputi: 1. Analsis situasi dengan pihak Sekolah melalui wawancara daring, 2. Pengurusan surat administrasi dari LP2M UMN Al Washliyah ke pihak Mitra PKMS. 3. Pelaksanaan Program Pelatihan 4. Evaluasi Hasil Pelatihan 5. Pembuatan Laporan 6.Pendampingan Berkelanjutan. Evaluasi keberhasilan kegiatan ditunjukkan pada penerapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru melalui respon antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran dan mampunya guru menyebutkan istilah – istilah IPA dalam Bahasa Inggris.

Published
2021-06-03