IMPLEMENTASI PODCAST SEBAGAI MEDIA E-LEARNING SCIENTIFIC APPROACH DIERA NEW NORMAL

  • Yulia Sari Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Podcast, Ilmiah, Pendekatan, Kemampuan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi Podcast sebagai media E-Learning scientific Approach di tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat An Nizam pada tahun akademik 2019-2020. Pada pembelajaran terpadu, di awal semester, Guru melaksanakan pertemuan tatap muka, dan di pertengahan semester, pembelajaran kemudian dialihkan secara daring berkenaan dengan situasi darurat COVID 19. Ketidakpastian kapan akan berakhirnya masa pandemi, telah memaksa guru di seluruh dunia untuk menggunakan dan memanfaatkan secara maksimal penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Disamping itu, sangatlah penting dalam pengembangan sumber daya manusia agar tidak ketertinggalan dalam IPTEK. Dimana tenaga pendidik merupakan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan generasi yang berkualitasDengan keadaan yang seperti ini maka Gurupun dituntut untuk agar bisa memberikan pembelajaran daring yang terkadang dianggap kurang efektif karena tidak berinteraksi secara langsung. Tidak dipungkiri memang pasti ada plus dan minusnya dalam melakukan pembelajaran daring, dimana guru dituntut agar bisa mentransfer ilmu dengan baik. Maka kegiatan Pengabdian kali ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru terkait dengan  IMPLEMENTASI PODCAST SEBAGAI MEDIA E-LEARNING SCIENTIFIC APPROACH DIERA NEW NORMALAdapun target luaran yang akan dicapai adalah (1) terbangunnya kemauan dan ketertarikan para guru guru SMP Annizam Menggunakan media pembelajaran podcast. (2) meningkatnya pengetahuan atau ilmu bahasa inggris para guru- guru SMP An Nizam Medan.

Published
2021-06-04