Eksplorasi Bahasa Inggris sebagai Media Instruksi dalam Konsep dan Pembelajaran Kimia
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengeksplor penggunaan Bahasa Inggris sebagai media instruksi dalam konsep dan pembelajaran Kimia. Program ini dilaksanakan di SMKĀ Farmasi Yayasan Al-Razi Sinar Harapan Medan Johor selama 6 bulan, dan guru Kimia dipilih sebagai subjek penelitian. Untuk mencapai tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi dimana pengabdi mengamati kegiatan yang telah dirancang secara langsung. Berdasarkan analisis, maka empat penemuan dideskripsi sebagai berikut yaitu; a) keterlibatan guru Kimia dalam program ini menunjukkan bahwa semua guru Kimia sangat koperatif, komunikatif, dan interaktif dalam mengikuti setiap kegiatan, b) kemampuan Bahasa Inggris guru Kimia menunjukkan peningkatan yang sangat baik dimana guru Kimia mampu menggunakan Bahasa Inggris ketika memberikan instruksi, pernyataan, dan pertanyaan sederhana baik Bahasa Inggri umum dan spesifik kepada siswa pada saat proses pembelajaran dengan metode bilingual dimana guru mencampur Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia pada saat bersamaan dengan tujuan agar siswa lebih mudah mengerti, c) awareness guru Kimia terhadap urgensi Bahasa Inggris di era globalisasi meningkat, dan d) Kepercayaan diri guru Kimia meningkat dalam menggunakan Bahasa Inggris selama proses pembelajaran. Secara singkat, kemampuan guru kimia dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai media instruksi diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif terhadap kemampuan Bahasa Inggris siswa.