SOSIALISASI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA
Abstract
Pengabdian kepadamasyarakat dilatar belakangi karenarendahnya hasil belajar matematika khususnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik, diperlukan metode pembelajaran yang inovatif. yaitu motode pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan informasi tentangpembelajaran penemuan terbimbing kepada para guru di Yayasan Al-Razi Sinar Harapan Medan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk suatu sosialisasi selama 3 kali pertemuan dengan jumlah peserta 34 orang guru di SMP dan SMK Yayasan Swasta Al-Razi Sinar Harapan Medan. Pertemuan pertama membahas tentang metode pembelajaran penemuan terbimbing secara teoritis yang meliputi langkah-langkah pembelajaran, kelebihan dan kekurangan metode ini. Dan membahas tentang kemampuan pemecahan masalah matamatik beserta indikatornya. Pertemuan kedua, pendalaman materi dan membuat perencanaan pembelajaran. Pertemuan ketiga, praktek mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan pengabdian masyarakat ini, diperoleh beberapa hasil yang positif yaitu peserta menunjukkan perhatian yang baikĀ terhadap materi yang diberikan oleh tim pelaksana dan bersemangat untuk menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Dengan demikian, pengabdiian masyarakat di Yayasan Swasta Al-Razi Sinar Harapan berjalan dengan baik dan tertib.