PEMANFAATAN MEDIA PICTURE DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING BAGI GURU - GURU DI SD BINTANG PERTIWI

  • Dahlia Sirait Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Aminda Tri Handayani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Intan Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Media, Picture, Speaking, Pemanfaatan, Pembelajaran

Abstract

Media Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk para pengajar dalam menyiapkan materi kepada siswa. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini diikuti oleh guru – guru SD Bintang Pertiwi untuk memberikan preseantasi tentang Pemanfaatan Media Picture dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan Speaking bagi guru – guru di SD tersebut. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk melihat permasalahan yang ada di SD Bintang Pertiwi Medan pertama, untuk memberikan pembelajaran betapa pentingnya media picture untuk meningkatkan kemampuan speaking pada anak SD agar lebih fasih dan aktif dalam berbicara bahasa Inggris, kedua menjelaskan jenis – jenis media picture yang dapat digunakan, ketiga memberikan contoh pembelajaran didalam kelas, dan keempat memberikan tugas untuk dipraktekkan. Dalam Metode Pelaksanaan memiliki empat kriteria yaitu pendahuluan untuk melihat situasi dari pengabdian yang ada, sosialisasi dalam melaksanakan pengabdian, pelaksanaan, dan evaluasi terakhir. Disini target yang akan dicapai adalah agar guru – guru SD Bintang Pertiwi dapat menggunakan dan melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggunakan media Picture didalam kelas dan dapat meningkatkan kemampuan speaking terhadap siswa – siswa di sekolah tersebut. Oleh karena itu perlu dibutuhkan media yang dapat membantu para guru dalam pembelajaran didalam kelas. Hasil pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penerapan guru agar bisa memberikan pembelajaran dengan memberikan presentasi tentang Pemanfaatan Media Picture dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan Speaking bagi guru – guru di SD tersebut.  Dengan demikian diharapkan siswa TK mendapatkan pembelajaran secara menyenangkan dan tidak bosan.

Published
2022-04-05