PEGEMBANGAN WISATA SAWAH BERBASIS POTENSI LOKAL DI DESA PEMATANG JOHAR KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA
Abstract
Kegiatan pengabdian (PKM) ini dilaksanakan di desa Pematang Johar kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan survey, mitra menghadapi permasalahan memasarkan produk yang disebabkan kurangnya informasi, ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi. Tujuan PKM ini adalah untuk memberikan sosialisasi, edukasi dan mencari solusi mengatasi permasalahan mitra. Kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi dan edukasi tentang strategi pemasaran “Marketing Mix” bagi pelaku UMK dan Pelayanan Prima di usaha Wisata Sawah Pematang Johar. Program yang ditawarkan adalah kedua mitra yaitu pelaku UMK dan usaha Wisata Sawah Pematang Johar dapat membangun kerja sama bisnis untuk pemasaran sekaligus meningkatkan nilai ekonomi produk-produk unggulan lokal. Manfaat yang diharapkan dari PKM ini antara lain produk-produk unggulan lokal dapat ditawarkan di usaha Wisata Sawah Pematang Johar, produksi pelaku UMK meningkat dan usaha Wisata Sawah Pematang dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah: 1).Sosialisai dan edukasi, 2).Metode ceramah, 3). Focus Group Discussion (FGD), dan 4).Metode simulasi konsep “Marketing Mix” dan Pelayanan Prima. Luaran yang diharapkan adalah peningkatan wawasan mitra tentang pengembangan usaha melalui konsep Marketing Mix dan Pelayanan Prima, publikasi jurnal dan prosiding yang ber-ISSN, publikasi pada media massa serta video pelaksanaan kegiatan.