PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI QUIZZIZZ BAGI GURU SD SWASTA IT DARUSSALAM DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Proses pembelajaran dan mengajar akan berhasil berkaitan beberapa faktor yaitu faktor guru dan faktor siswa. Faktor ini berpengaruh untuk mencapai keberhasilan mengajar. Situasi pandemi saat ini, guru dituntut menciptakan pembelajaran aktif, kreatif,inovatif dan menyenangkan pagi siswa dengan cara menggunakan media pembelajaran yang menarik sebagai alat pembelajaran daring. Pembelajaran berbasis E-Learning merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi proses daring yang efektif. Hal tersebut juga berpengaruh pada sekolah yang menjadi mitra. Maka penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Quizziz dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi salah satu upaya kreatif untuk menciptakan pengalaman yang dapat membantu proses belajar siswa di sekolah dasar. Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran berperan sebagai alat perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti proses belajar-mengajar. Tujuan pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah (1) membentuk kelompok kerja guru, (2) melatih guru menggunakan Aplikasi Quizziz (3) melatih kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaraan dan (4) membuat Aplikasi Quizziz untuk di terapkan di sekolah sebagai alternative pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.. Target luaran guru dapat membuat media pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Quizziz sendiri sehingga proses KBM menjadi menyenangkan dan mudah pahami oleh siswa. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini meliputi empat tahapan, yaitu: (1) pendahuluan, (2)diskusi dan audensi (3) pelatihan dan (4) evaluasi. Mitra pengabdian PKM ini adalah SD Swasta IT Darussalam.