PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO PADA GURU SD ADE IRMA SURYANI

  • SAFRIDA NAPITUPULU, NURMAIRINA

Abstrak

ABSTRAK

Fokus permsalahan yang ingin diselesaikan adalah tentang perlunya pendampingan membentuk asessment hasil pembelajaran ataupun setiap aktivitas termasuk berbagai karya yang dihasilkan siswa dari suatu proses pembelajaran, perlu dimonitor, diberi komentara, dikritik dan diberi catatan perbaikan oleh setiap guru secara terus-menerus. Melalui proses monitoring yang terus- menerus itulah pengalaman belajar sisawa akan disempurnakan hingga pada akhirnya akan menghasikan sesuatu yang lebih baik dan lebih sempurna. Inilah hakekat pembelajaran melalui pengalaman.Tapi jarang guru mengkonsep dengan tepat terhadap penilai siswa terkadang tindakan atau evaluasi yang dilakaukan hanya sebatas tes setelah itu diberikan asumsi tanpa memperhatikan proses aspek perkembangan siswa baik intlektual, minat,sikap dan keterampilan. Oleh Karena itu perlu dilakukan pengedukasian terhadap guru tentang asesmen portopolio. Pendampingan yang dilakukan dengan cara membantu guru merancang tugas portofolio, menyusun rubrik penilaian portofolio, mengakses hasil tugas siswa dan memberikan umpan balik terhadap tugas yang dikerjakan siswa. Hasil dari kegiatan ini adalah guru memperoleh tambahan pengetahuan terkait tentang teori asesmen portofolio dan memperoleh tambahan kemampuan dalam pelaksanaan asesmen portofolio.

Diterbitkan
2019-02-01