PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA

  • Machrani Adi Putri Siregar
  • Hizmi Wardani

Abstrak

ABSTRAK

Salah satu hal yang paling penting dalam proses kegiatan belajar mengajar adalah strategi pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Dengan strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan, peserta didik diharapkan dapat menerima dan memiliki pemahaman yang baik terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, setiap guru diwajibkan untuk dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang bervariasi, sesuai dengan kriteria anak didik dan materi yang akanĀ  disampaikan di kelas. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman peserta didik adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write yang mengajak peserta didik untuk turut aktif dalam memnyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru di dalam kelas, dimulai dari menganalisa permasalahan, merencanakan penyelesaian, berdiskusi menyelesaikan permasalahan, hingga mengoreksi kembali penyelesaian dari permasalahan yang telah dilakukan. Penerapan kegiatan-kegiatan inilah yang disosialisasikan kepada para guru dengan harapan mereka dapat mengaplikasikannya di dalam kelas mereka masing-masing. Hasil yang dicapai secara umum adalah para guru mata pelajaran matematika di SMP Swasta Al-Masdar mengerti dan paham mengenai konsep dan tata cara pelaksanaan dan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write pada kegiatan belajar mengajar yang akan mereka laksanakan, sehingga pemahaman matematika siswa terhadap materi mata pelajaran matematika yang diberikan dapat meningkat.

Diterbitkan
2019-02-06