KONSEP DAN APLIKASI PENDIDIKAN KARAKTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN DESA CANDIREJO KECAMATAN BIRU-BIRU
Abstrak
Pendidikan karakter adalah suatu hal yang saat ini ditekankan dalam pendidikan di Indonesia. Penguatan pendidikan karakter dalam konteks saat ini sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat.Krisis itu antara lain berupa meningkatnya pergaulan seks bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian, kebiasaan menyontek, dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pornografi, perkosaan, perampasan, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Karakter bangsa merupakan aspek penting dari kualitas SDM karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Tujuan Pengabdian yang dilakukan di Lembaga Pendidikan di Desa Candirejo yaitu menanamkan motivasi yang kuat agar dapat menumbuhkan nilai karakter bagi siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar. Memaksimalkan keterlibatan para orang tua dalam memberikan pendidikan yang berkarakter bagi para anak-anaknya. Serta perlunya para guru menjalin hubungan dengan berbagai pihak dalam menambah wawasan tentang model pendidikan karakter siswa dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar,serta dapat memberikan pengetahuan baru bagi Kepala Sekolah, para guru dalam rangka berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan. Metode dan Kegiatan Pengabdian dilaksanakan dengan menggunakanmetode ceramah dan diskusi. Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan adalah : 1. Mempersiapkan bahan materi tentang Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya di Lembaga Pendidikan yang ada di Desa Candirejo, yang senantiasa dapat dijadikan referensi oleh para guru nantinya. 2. Melakukan presentasi kepada para guru tentang Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya. 3. Berdiskusi secara mendalam dengan para guru tentang strategi menerapkan Pendidikan Karakter Khususnya di lembaga Pendidikan yang ada di Desa Candirjo Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deli Serdang..Hasil Pengabdian Masyarakat yang diperoleh adalah: 1), Adanya pengetahuan dan kesadaran para Guru tentang konsep dan Aplikasi Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan, 2) Adanya antusias kepala sekolah dan Guru dalam mengikuti acara serta memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang di sampaikan pemateri dalam pengabdian.