PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Machrani Adi Putri Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Eryanti Lisma Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Banyak faktor yang mempengaruhi terlaksananya pembelajaran yang baik di dalam kelas, salah satunya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru ketika menyampaikan materi di dalam kelas. Dengan strategi pembelajaran yang sesuai, peserta didik diharapkan dapat memahami dengan baik materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan demikian, guru dituntut untuk dapat menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan di dalam kelas. Salah satu strategi pembelajaran yang baik untuk meningkatkan pemahaman peserta didik adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write. Strategi pembelajaran ini berisikan kegiatan peserta didik di dalam kelas yang merangsang mereka untuk berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan, dimulai dari menganalisa, merencanakan penyelesaian, berdiskusi dengan teman sekelompok, hingga mengoreksi kembali penyelesaian dari permasalahan yang telah didiskusikan. Penerapan kegiatan-kegiatan di kelas inilah yang disosialisasikan kepada para guru di SMP Swasta Adetia Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Prov. Sumatera Utara. Dengan demikian, mereka mampu memahami penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dan dapat mengaplikasikannya di dalam kelas mereka masing-masing, sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru di dalam kelas dapat ditingkatkan.

Diterbitkan
2020-09-07