SOSIALISASI METODE COPY THE MASTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI SDIT ASH-SHOLIHIN TANJUNG MORAWA

  • Tiflatul Husna Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Fita Fatria Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Metode pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Metode pembelajaran berperan sebagai alat perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti proses belajar-mengajar. Hal tersebut juga berpengaruh pada sekolah yang menjadi mitra. Maka sosialisasi penggunaan metode perlu dilakukan. Dalam hal ini sosialisasi pembelajaran dengan metode Copy the Master untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita anak. Tujuan pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah peserta didik mengenal satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita anak yaitu dengan menggunakan metode Copy the Master.  Target luaran yaitu guru dapat membuat imitasi dari sebuah karya yang telah didiskusikan dan mampu menjelaskan metode ini kepada peserta didik. Metode pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini meliputi empat tahapan, yaitu: (1) pendahuluan, (2) sosialisasi dan audensi, (3) pelatihan dan (4) evaluasi. Luaran dari PKM ini adalah satu artikel ilmiah yang dimuat di Prosiding ber-ISBN, publikasi di Media Massa, dan video kegiatan. Mitra pengabdian PKM ini adalah SDIT Ash-Sholihin Tanjung Morawa, Desa Wonosari,  Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara.

 

Diterbitkan
2020-10-07