MANAJEMEN STRESS DI KALANGAN GURU TK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK JANNAT AL-BAQI MEDAN

  • Aminda Tri Handayani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dahlia Sirait Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Faridha Faridha Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Wabah COVID-19 membuat banyak kegiatan publik beralih dengan pusat aktivitas utamanya berada di rumah. Banyak orang mengalami tekanan dan stres selama pandemi.Situasi ini merupakan realitas baru yang juga dialami dunia pendidikan utamanya terjadi pada pengajaran di TK (Taman Kanak-Kanak). Di saat diterapkannya school from home atau belajar dari rumah. bagi sebagian orangtua murid, hal itu menjadi petaka bagi mereka, jika sudah stres, tak jarang seseorang menjadi lebih emosional, akhirnya kekesalan dan kemarahannya dilampiaskan kepada anak dan juga guru. anak yang kerap dimarahi atau diteriaki akan berdampak buruk. Tidak hanya dari faktor orang tua murid saja, Pekerjaan sebagai guru TK memiliki tingkat stres yang cukup signifikan karena pekerjaan guru berhadapan dengan banyaknya tuntutan, interaksi dalam pekerjaan, danĀ  jaminan kesejahteraan yang belum merata. Solusi yang ditawarkan adalah pengadaan manajemen stres buat guru. Kegiatan ini dilaksanakan dimulai dari tahap pendahuluan, sosialisasi sampai pada proses evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada guru TK Jannah Al-Baqi Medan berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini terlihat dari apresiasi guru TK selama mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Hal ini, terbukti dari kehadiran lengkap para guru TK untuk mengikuti kegiatan ini.

Diterbitkan
2021-05-31