PKM SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 064034 MEDAN JOHOR

  • Fita Fatria Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Faktor keberhasilan proses belajar mengajar berkaitan dengan faktor guru dan faktor siswa. Faktor tersebut sangat berpengaruh untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Situasi pandemi saat ini, guru dituntut menciptakan pembelajaran aktif dengan cara menggunakan media pembelajaran yang menarik sebagai alat pembelajaran daring. Pembelajaran berbasis E-Learning merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi proses daring yang efektif. Hal tersebut juga berpengaruh pada sekolah yang menjadi mitra. Maka penggunaan media pembelajaran Interaktif Berbasis Video dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi salah satu upaya kreatif untuk menciptakan pengalaman yang dapat membantu proses belajar siswa. Tujuan pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah (1) membentuk kelompok kerja guru, (2) melatih guru menggunaan media pembelajaran Interaktif Berbasis Video dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (3) melatih kreativitas guru, (4) mengetahui kelebihan dan kekurangan media pembelajaran Interaktif Berbasis Video. Target luaran guru dapat mengunakan media pembelajaran Interaktif Berbasis Video sendiri dan buku panduan penggunaan media sehingga proses KBM menjadi menyenangkan dan mudah pahami oleh siswa. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini meliputi empat tahapan, yaitu: (1) pendahuluan, (2) sosialisasi dan audensi, (3) pelatihan dan (4) evaluasi. Mitra pengabdian PKM ini adalah SD Negeri No. 064034 Medan Johor.

Diterbitkan
2021-05-31