PELATIHAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN PETUNJUK MEDIA GAMBAR DAN PENGENALAN METODE THINK PAIR SHARE PADA GURU MIS NURUS SALAM DELI TUA

  • Muhammad Khalid Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sutarini Sutarini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Crossword Puzzle, Think Pair Share

Abstract

Mitra dalam pengabdian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurus Salam yang terletak di Jl. Perwira Desa Mekar Sari, Kec. Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang. MIS Nurus Salam memiliki tenaga pengajar sebanyak 36 orang, rombel belajar dari kelas I sampai VI adalah sebanyak 18 kelas dengan jumlah siswa 512 orang pada tahun pembelajaran 2020-2021 dan di dalamnya sudah termasuk kelas unggulan dan kelas biasa.  Berdasarkan data dari hasil wawancara dengan Pihak Mitra, maka dapat diidentifikasi permasalahan mitra pengabdian antara lain: kurangnya pemahaman guru tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran, sehingga pembelajaran terkesan monoton; kurangnya antusiasme siswa dalam belajar, sehingga guru harus ekstra menggali keahlian dan ilmu pengembangan untuk menarik bidang terapan yang menyenangkan dan mampu mengundang minat serta optimis siswa dalam belajar; kurangnya kemampuan dan penguasaan alternatif model-model pembelajaran inovatif yang harus diterapkan pada kurikulum 2013; perkembangan zaman yang menuntut para siswa untuk lebih banyak mengenal kosakata bahasa Inggris mengingat kedudukannya sebagai bahasa Internasional. Solusi yang ditawarkan kepada mitra sekolah adalah: memberikan sosialisasi terkait kelebihan penggunaan permainan Crossword Puzzle dengan petunjuk media  gambar dan pengenalan metode Think Pair Share sebagai sarana tercapainya penguasaan kosakata bahasa Inggris; melakukan pelatihan penerapan permainan Crossword Puzzle dengan petunjuk media  gambar guna menambah pemahaman dan kosakata bahasa Inggris; melakukan pelatihan penggunaan metode Think Pair Share pada pembelajaran di kelas; demonstrasi oleh guru; evaluasi; melakukan pendampingan secara berkelanjutan. Dengan pelatihan pendampingan yang dilakukan di sela-sela kegiatan yang lain, respon peserta sangat bagus. Ini terlihat dari kuesioner yang dibagikan pada akhir program pelaksanaan pengabdian. Dari informasi tersebut diperoleh hasil bahwa 100% peserta merasakan manfaat akan adanya pelatihan pendampingan yang dilakukan tim pengabdian dengan tingkat penguasaan 80% dan bisa menjadikannya sebagai sarana pembelajaran bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurus Salam Deli Tua. Luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah: draft artikel yang dipublikasikan melalui jurnal ber-ISSN online; prosiding dari seminar nasional ber-ISBN online; publikasi pada media massa cetak koran; Vidio kegiatan  dari hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dan diunggah ke dalam youtube LP2M UMNAW.

Published
2021-06-02