EDUKASI DAN PRAKTEK PENGENALAN TANAMAN BAGI GURU PAUD DI YAYASAN JANNAT Al BAQI KECAMTAN MEDAN SUNGGAL SUMATERA UTARA

  • Sri Wahyuni Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Teguh Satria Amin Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Leni Handayani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Zakaria Zebua Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Pendidikan bagi anak usia dini merupakan pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan melaksanakan pembelajaran yang bertujuan agar dapat menghasilkan kemampuan dan ketrampilan pada anak. Pendidikan dapat diperoleh dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Di Lingkungan Sekolah, peran Guru merupakan hal yang utama menjadi kunci keberhasilan siswa dalam menyerap pengetahuan hal tersebut karena guru selain mendidik, membimbing dapat berperan juga sebagai motivator pendidik melalui metode-metode pengajaran yang menarik dan kreatif dapat memudahkan siswa dalam menyerap pengetahuan. Salah satu contoh adalah pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di sekolah yang berjudul Edukasi dan Pengenalan Tanaman Kepada Guru di Yayasan Pendidikan Jannat Al Baqi yang fokusnya membuat metode-metode pembelajaran serta lembar kerja praktek untuk mempermudah guru mengajarkan Tanaman kepada Peserta didik. Tanaman menjadi objek dalam pengabdian Masyarakat ini karena tanaman mudah dijumpai di lingkungan sekitar, memilki bagian morfologi yang berbeda dan beragam sehingga dapat langsung diamati oleh anak. Metode Pengabdian Masyarakat yang dilakukan di sekolah ini yaitu dengan metode edukasi yaitu pemaparan kepada guru melalui video dan praktek penanaman langsung melulalui metode aplikatif yaitu hidroponik dan membuat herbarium. Pengambilan data secara langsung dengan memberikan kuisioner kepada guru di sekolah tersebut yang berjumlah 8 orangĀ  untuk melihat seberapa jauh guru dapat memahami dan mempraktekkan secara langsung kepada peserta didik. Umpan Balik dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dapat dilihat dari seberapa jauh guru dapat menerapkan metode ini ke siswa. Hasil pengabdian masyarakat ini diperoleh analisa data 80% metode yang diajarkan menarik dan kreatif untuk di ajarkan ke siswa.

Diterbitkan
2021-06-04