PENGUATAN WAWASAN GURU TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILL) BAGI GURU SMA SWASTA BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR

  • Andriono Manalu Universitas HKBP Nommensen

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk penguatan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang relevan pada krikulum 2013 berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode pelatihan  yang digunakan didalam kegiatan ini adalah metode ceramah, diskusi, dan simulasi. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya jumlah pemahaman guru terhadap model pembelajaran berorientasi HOTS dengan rata-rata score 66. Meningkatnya pemahaman guru tentang HOTS ditunjukkan melalui simulasi microteaching pembelajaran HOTS dimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah mengarah kepada berpikir tingkat tinggi (HOTS) mencapai prosentase. RPP yang dibuat sudah mengarah pada berpikir tingkat tinggi Pendekatan pembelajaran sudah menggunakan Student Centre Learning (SCL) Peserta sudah mengaplikasikan model pembelajaran berorientasi HOTS yang mencakup discovery learning, problem baset learning, dan project baset learning sudah mencapai 84%. Dapat disimpulkan kegiatan ini meningkatkan wawasan pada guru tentang praktek pembelajaran berbasis HOTS secara teoritik dan praktik.

Diterbitkan
2021-06-09