PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

  • Machrani Adi Putri Siregar
  • Wariyati Wariyati
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Kemampuan Matematika Siswa

Abstrak

Pembelajaran matematika merupakan salah satu bagian dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Jika dicermati secara teliti, sangat jelas tampak bahwa mata pelajaran matematika dalam setiap kurikulum selalu diajarkan di setiap satuan pendidikan dan di setiap tingkatan kelas dengan porsi jam pelajaran jauh lebih banyak dari pada mata pelajaran lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa para ahli pendidikan dan para perancang kurikulum menyadari bahwa mata pelajaran matematika dapat memenuhi harapan dalam penyediaan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, yakni manusia yang memiliki kemampuan bernalar secara logis, kritis, sistematis, rasional dan cermat; mempunyai kemampuan bersikap jujur, objektif, kreatif dan terbuka; memiliki kemampuan bertindak secara efektif dan efisien; serta memiliki kemampuan bekerja sama, sehingga memiliki kesanggupan untuk menjawab tantangan era globalisasi serta pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini dan masa yang akan datang. Untuk menunjang terlaksananya pembelajaran matematika yang baik, dibutuhkan strategi pembelajaran yang baik pula. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada para guru mata pelajaran Matematika dalam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa di SD Al-Washliyah 2 Proyek UNIVA Kec. Medan Amplas. Hal ini dilakukan sesuai dengan analisis situasi, yaitu kurangnya pemahaman siswa-siswi tentang mata pelajaran Matematika di sekolah tersebut.

Diterbitkan
2018-04-12