CONTEXTUAL REDEFINITION STRATEGY DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS FARMASI

  • Rini Fadhillah Putri
  • Asnawi Asnawi
Kata Kunci: Apoteker Inggris, Strategi Redefinisi Kontekstual

Abstrak

Mitra dalam program ini adalah Yayasan Swasta Al-Razi Sinar Harapan yang berada di Jalan Eka Rasmi, Melinjo I No. 19 Komplek Johor Permai Medan, dimana yayasan tersebut memiliki SMK berbasis farmasi. Sekolah ini menjadi mitra karena sekolah ini memiliki kebiasaan menggunakan bahasa Inggris dalam satu minggu. Namun, kebiasaan ini tidak didukung oleh kemampuan siswa dalam bahasa Inggris. Mereka kurang termotivasi untuk menggunakan kemampuan bahasa Inggris mereka dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, lulusan SMK (SMK) diharapkan memiliki keahlian tambahan sehingga mereka siap terjun ke lapangan dan berkompetisi di dunia kerja. Kebiasaan baik yang diterapkan di sekolah harus didukung oleh strategi pengajaran bahasa Inggris yang menarik dan efektif untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Salah satu pengajaran bahasa Inggris farmasi yang bisa diterapkan di sekolah adalah Strategi Redefinisi Kontekstual. Strategi Redefinisi Kontekstual atau strategi mendefinisikan kosakata berdasarkan konteks pembacaan akan memudahkan peserta didik dalam menemukan arti harfiah dari istilah atau kosa kata yang sulit. Bahkan menerapkan strategi ini selanjutnya akan menambah kosa kata baru bagi peserta didik.

Diterbitkan
2018-04-15