PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SMA
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia masih cenderung menurun dari tahun ke tahunh. Hasil UN 2019 lebih rendah daripada UN 2018. Untuk mengatasi masalah ini perlu dicari usaha yang sistematis untuk meningkatkan kemampuan berbahasa di masa yang akan datang. Tujuan penelitian adalah (1) mengembangkan bahan ajar berbentuk LKPD pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research & development). Hasil validasi bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia adalah baik. Hal ini menunjukkan bahwa kelayakan isi sesuai dengan kebutuhan siswa, unsur kebahasan telah memenui unsur keterbacaan dan mempunyai kejelasan informasi, sajian telah memenuhi unsur kejelasan tujuan dan kesistematisan, dan grafikanya menggunakan jenis huruf (fone) yang ditetapkan. Hasil uji coba terbatas pengembangan bahan ajar menunjukkan peningkatan hasil belajar.