PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SMA

  • Ahmad Laut Hasibuan, Rosmawati Harahap, Roza Lia, Malahayati Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia masih cenderung menurun dari tahun ke tahunh.  Hasil UN 2019 lebih rendah daripada UN 2018. Untuk mengatasi masalah ini perlu dicari usaha yang sistematis untuk meningkatkan kemampuan berbahasa di masa yang akan datang. Tujuan penelitian adalah (1) mengembangkan bahan ajar berbentuk LKPD  pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan desain  penelitian  dan  pengembangan (research & development). Hasil validasi bahan ajar  pembelajaran Bahasa Indonesia  adalah baik.  Hal ini menunjukkan bahwa  kelayakan isi  sesuai dengan kebutuhan  siswa, unsur  kebahasan telah memenui unsur keterbacaan dan mempunyai kejelasan informasi, sajian telah memenuhi unsur kejelasan tujuan dan kesistematisan, dan grafikanya  menggunakan jenis huruf (fone) yang ditetapkan. Hasil uji coba terbatas pengembangan bahan ajar menunjukkan peningkatan hasil belajar.

Diterbitkan
2020-11-11